Digital Analytics: Panduan Dasar Google Analytics Dari A-Z

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Panduan Dasar Google Analytics

Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia Digital Marketing tentunya anda paham betul pentingnya data dalam setiap pengambilan keputusan.

Kemampuan menganalisis data merupakan skill wajib yang harus anda miliki jika anda benar-benar serius sebagai seorang digital marketer.

Kenapa Harus Belajar Digital Analytics?

Karena setiap campaign yang anda jalankan, setiap upaya optimasi yang anda lakukan, tentunya tidak akan berjalan optimal tanpa adanya dukungan data kuantitatif yang bisa diukur. Karena keberhasilan suatu campaign ditunjukkan oleh data, bukan hanya berdasarkan feeling saja.

“Half the money I spend on advertising is wasted; the trouble is I don’t know which half.”
John Wanamaker

Quote diatas sangat relevan untuk mewakili alasan kenapa kita mesti menganggap digital analytics sebagai skill yang krusial untuk kita kuasai.

Karena resource yang kita miliki bisa terbuang percuma jika kita tidak mengetahui efektifitas ataupun performa dari setiap effort yang kita lakukan.

Kalau kita melakukan campaign marketing dalam bentuk iklan di koran, baliho, ataupun di media non-digital lainnya seperti TV, radio, majalah, dan lain-lain, kita mungkin tidak akan tahu secara detil bagaimana hasil dari setiap channel marketing tersebut.

Apakah berdampak pada peningkatan penjualan? Adakah channel yang lebih efektif dari yang lain? Berapa konversi dari setiap channel? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu tidak akan bisa kita jawab dengan pasti, kita hanya bisa memperkirakan. Karena memang tidak ada data valid berbentuk angka yang bisa kita lihat.

Beda halnya dengan digital marketing. Berkat bantuan teknologi, sangat mungkin untuk melihat hasil dari seluruh campaign marketing yang kita jalankan.

Kita bisa tahu berapa banyak visitor di website kita, berapa banyak penjualan yang terjadi di website, berapa banyak konten kita di share di social media, dan lain sebagainya.

Dengan digital analytics kita bisa mengetahui dari A-Z semua aktivitas digital marketing yang kita lakukan.

Belajar Digital Analytics Bisa Dimulai Dari Google Analytics

Kalau anda sudah memasuki dunia internet, tentunya anda tahu kalau website adalah channel digital marketing yang wajib dimiliki.

Karena hampir semua urusan pemasaran di dunia digital dilakukan via website, baik itu website milik anda sendiri ataupun berafiliasi dengan pihak lain.

Sebuah perusahaan e-commerce memerlukan website untuk memajang produk yang dijualnya dan juga untuk memfasilitasi transaksi dengan customer. Sama halnya dengan perusahaan jasa yang juga membutuhkan website untuk menunjukkan kredibilitas dan juga menjaring klien baru lewat internet.

Karena website merupakan channel pemasaran yang utama, maka wajib untuk diketahui efektifitas dari website tersebut. Nah, Google Analytics adalah salah satu tool terbaik yang bisa membantu anda untuk mendapatkan data dari setiap aktifitas di website anda.

Dan juga, Google Analytics sudah menjadi standar industri untuk digital analytics.

Mulai Darimana Untuk Belajar Google Analytics?

Untuk mempelajari dan mendalami cara menggunakan sebuah tool memang makan waktu lama. Dan terkadang kebanyakan dari kita malas untuk mendalaminya. Meskipun kita tahu jika bisa menggunakannya dengan baik dapat berpengaruh besar untuk kesuksesan kita sebagai digital marketer atau website owner.

Untuk anda yang sudah siap untuk mulai mempelajari Google Analytics, disini ada beberapa panduan dasar yang bisa membantu proses belajar Anda.

Sudah siap?

Mulai Dari Bagian 1 >>